Pages

Tuesday, November 30, 2010

Asam Urat vs Asam lambumg

Usiaku baru 30 tahun,, jika dibandingkan dengan teman teman sekantorku aku juga tergolong masih muda. namun dibalik usia yang muda ini ternyata akulah yang paling sering sekali sakit.. tiap sebentar sakit dan sakit yang kuderita notabene penyakit yang di idap oleh orang yang lanjut usia...huft terkadang sebel ngedengerin celotehan mereka... tapi semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan kepadaku dan mereka..
Penyakit yang kuderita sejak 2004 yang silam adalah penyakit ASAM URAT yaitu penyakit yang mempunyai kadar asam urat yang tinggi didalam darah.. kalau kata dokter maks kadar asam urat itu adalah 7mg/dl buat pria dan 6 mg/dl buat wanita..(mboh opo maksudte lek pengen tau detilnya tanya mbah google aja ya). nah itu tu kalau aku kadar asam uratku mencapai 10.8 mg/dl uedan bisa kebayang gak pantesan aku sampe gak bisa jalan.. bisanya hanya meringis dan menangis kesakitan...oh ya lupa kalau kadar asam urat telah tinggi biasanya akan membentuk kristal2 kecil yang menumpuk di persendian dikarenakan zat purin yang berlebih yang tidak bisa dicerna oleh tubuh.. Hal ini mengakibatkan aku hasur mengkonsumsi obat obatan anti radang atau di dunia kedokteran disebut dengan antiinflamasi nonsteroid.. hampir setiap bulan aku harus mengkonsumsinya mulai dari pyroxicam, methylprednisolone, mocac, meloxicam, renadinac dan banyak lagi aku sampe lupa mereknya..trus ada lagi obat penurun asam uratnya sendiri yaitu allopurinoll..memang semua obat itu manjur alias mantap begitu terasa sakit minum obat itu langsung bisa ketawa ha..ha...haa.......Waktu berlalu, menit berganti hari hari meninggalkanku dengan tetap menderita asam uratku.. (ternyata asam uratku menjadi sahabatku yang setia ..welwhh).
Pagi tadi ketika akan berangkat kekantor seperti biasa aku terlebih dahulu sarapan pagi,, kebiasaan itu telah berlangsung sejak aku menikah dengan marwiyah istriku tercinta.. sampai di kantor masih uanteng aja ngerjain tugas seperti biasa.. jam 9.30 teng aku harus menuju ke bank indonesia karena memang jam segitu aku harus mengantar warkat ke BI atau pergi kliring orang bank bilang..sampai di BI ujug ujug (tiba2) kepalaku mendenyut luar biasa badan dingin tapi keringatan perut puanas wueleh eneng opo iki mbaten... setelah menunggu beberapa menit aku tak kuasa menahannya.. ce ille kayak mau ngapa gituu..akhirnya aku memutuskan untu k minta dianterin ke rumah sakit ibnu sina pekanbaru... alhasil setelah diperiksa dokter aku divonis asam lambung nya meningkat..waduh setelah asam urat jadi asam lambung nih asal jangan jadi asam pedas ajalah...
setelah cari cari penyebabnya dan bertanya sama paman google ternyata obat anti inflamasi itu jika sering dikonsumsi akan mengakibatkan lambung gak stabil dan kalau dha gitu asam lambung meningkat dah
olehkarenanya bagi teman teman yang punya asam urat jangan sering sering minum obat anti radang nanti jika asam uratnya hilang muncul dah asam lambung... habis tu asam pedas haaa.....

No comments: